Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

[Review] Hidden Figures: Isu Rasis Di NASA

 



#Description:
Title: Hidden Figures (2017)
Casts: Taraji P. Hensen, Olivia Spencer, Janelle Moané, Kevin Costner, Kirsten Dunst, Jim Parsons, Mahersala Ali
Director: Theodore Melfi
Studio: Fox 2000 Pictures, 20th Century Fox


#Synopsis:
Katherine Johnson, Dorothy Vaughan dan Mary Jackson adalah tiga wanita berkulit hitam yang sudah memiliki tingkat kepintaran diatas rata-rata ketika mereka masih duduk dibangku sekolah.
Namun sayang, ketika beranjak dewasa, bakat yang mereka miliki harus "dibatasi" untuk menunjukkan kemampuannya lantaran warna kulit mereka, meskipun ketiganya sudah bekerja di NASA. Suatu waktu, NASA akan meluncurkan proyek perjalanan luar angkasa, membutuhkan tenaga Scientist Mathematicians untuk mengukur secara akurat mulai dari jarak, garis lintang bujur hingga penghitungan kalkulasi tiba dan kembali ke bumi.Katherine, Dorothy dan Mary pun direkrut oleh NASA untuk membantu proyek tersebut meskipun diruang lingkup NASA, kaum kulit hitam itu tidak bisa leluasa dalam bekerja layaknya orang-orang berkulit putih.
#Review:
Film bertema tentang black-people serta diskriminasi kaum minoritas ini semakin "hype" setelah kemenangan D.Trump di Amerika Serikat. MOONLIGHT (2016) dan HIDDEN FIGURES (2016) adalah contohnya. Jika MOONLIGHT (2016) bercerita tentang coming-of-age sosok kaum minoritas beserta problem dari dalam dirinya maka di HIDDEN FIGURES (2016) bercerita tentang diskriminasi kaum minoritas disebuah lingkungan kerja.Konflik soal diskrimnasi itu disajikan dengan cukup ngena dihati. Rupanya pandangan sebelah mata terhadap kaum minoritas pada zaman baheula itu cukup parah, bahkan terjadi hingga zaman milenial seperti saat ini. Sang sutradara juga memberikan porsi cerita masing-masing pada ketiga Tokoh Tersembunyi itu dengan berbagai problem yg sederhana namun apik.HIDDEN FIGURES (2016) juga tampil tidak untuk menjadi "dikasihani". Ia menampilkan rasa percaya diri dan keyakinan yg besar lewat ketiga pemain utama, meskipun masih saja dipandang sebelah mata oleh kaum mayoritas.Nuansa tahun 60-70an nya sungguh terasa sekali disepanjang film. Seakan lagi nonton film zaman baheula. Ketiga pemain utama yg sebagai sosok HIDDEN FIGURES (2016) juga tampil strong, tidak mudah rapuh dan pastinya memuaskan.Album Soundtrack HIDDEN FIGURES (2016) yang juga melibatkan musisi Pharrell Williams ini sungguh eargasm. CRAVE it's my favorite tracklist!

[9/10Bintang]

0 on: "[Review] Hidden Figures: Isu Rasis Di NASA"

Sharing Is Caring