Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

[Review] Spider-Man Homecoming: Aksi Peter Parker Sebagai Spider-Man Di Usia Remaja

 



#Description:
Title: Spider-Man: Homecoming (2017)
Casts: Tom Holland, Robert Downey Jr, Michael Keaton, Marisa Tomei, Zendaya, Jon Pavreau, Gwyneth Paltrow, Jacob Batalon, Donald Glover, Laura Harrier, Tony Revolori, Tyne Daly, Zendaya
Director: Jon Watts
Studio: Marvel Studios, Columbia Pictures, Sony Pictures


#Synopsis:
Usai Civil War, Peter Parker / Spider-Man (Tom Holland) kembali menjadi seorang siswa SMA pada umumnya. Peter sangat menantikan panggilan berikutnya dari Tony Stark / Iron Man (Robert Downey Jr) untuk kembali beraksi bersama The Avengers. Tapi sayang, berbulan-bulan Stark tak pernah mengontak Peter. Stark hanya mengutus Happy Hogan (Jon Pavreau) untuk memantau aktivitas Peter.


Dengan inisiatif sendiri, diluar perintah Stark, Peter memutuskan untuk "unjuk gigi" dengan kostum Spider-Man nya, membantu orang-orang disekitarnya. Namun sayang, keputusan yang diambil Peter itu tak berjalan mulus. Peter belum sepenuhnya bisa mengendalikan kostum Spider-Man yang diberikan Stark. Banyak kekacuan dan keributan terjadi. Tak hanya itu saja, aksi "unjuk gigi" nya itu membuat aktifitas akademik disekolahnya menjadi menurun dan itu membuat sang bibi bernama May Parker (Marissa Tomei) menaruh kecurigaan terhadap keponakannya. Peter juga harus dihadapkan dengan krisis percaya diri ketika berhadapan dengan Liz (Laura Harrier). Ia merasa tak pantas jika memiliki kekasih seperti Liz. Namun dengan dorongan sahabatnya, Ned (Jacob Batalon) Peter berusaha menaikkan rasa percaya diri usai menjadi seorang Spider-Man.
Persoalan pun semakin membesar ketika Peter harus berhadapan dengan Adrian Toomes (Michael Keaton), seorang mekanik yang bekerja sebagai "pembersih" sisa-sisa puing bangunan dan senjata bekas peperangan The Avengers kala itu. Toomes rupanya mempunyai pekerjaan "tersembunyi" yang siap menghancurkan apapun dengan senjata temuannya yang memiliki kekuatan yang berasal dari batuan Chitauri.


#Review:
15 Tahun. 6 Judul Film. 3 Aktor Berbeda dan 2 Reboot. Rasanya franchise Spider-Man ini menjadi film superhero yang tidak pernah berakhir. Spider-Man versi Sam Raimi yang dibintangi Tobey Maguire ini kala itu yang menghasilkan 3 judul yaitu SPIDER-MAN (2002), SPIDER-MAN 2 (2004) dan SPIDER-MAN 3 (2007) sukses menjadi salah satu Film Superhero Marvel yang banyak menuai respon positif. Usai Spider-Man versi Sam Raimi berakhir, kemudian muncul reboot pertama yang disutradarai oleh Marc Webb berjudul THE AMAZING SPIDER-MAN (2012) dan THE AMAZING SPIDER-MAN 2 (2014). Reboot yang dilakukan Sony Pictures ini banyak menuai pro-kontra lantaran sosok Spider-Man ini masih belum bergabung juga ke The Avengers dalam Marvel Cinematic Universe. Banyak beropini Spider-Man versi Andrew Garfield menjadi yang paling ideal dibandingkan versi Tobey Maguire. Namun sayang, nasib Spider-Man arahan Marc Webb ini harus berhenti di judul kedua. Kisah Spider-Man yang dimainkan oleh Andrew Garfield, Emma Stone dan Dane DeHaan berakhir dengan kisah yang menggantung dan takkan mungkin berlanjut.


Kabar reboot kedua kalinya untuk Spider-Man kemudian muncul. Reboot kali ini cukup sukses membuat para fanboy fangirl MCU (termasuk gue) sangat excited dimana AKHIRNYA Spider-Man sesuai dengan judulnya "Homecoming" yaitu kembali ke tangan Marvel Studios dan RESMI menjadi bagian dari Team The Avengers. Impian para fans MCU akhirnya terwujud setelah 15 tahun dari Spider-Man pertama pada tahun 2002 lalu.
Keputusan me-reboot kembali Spider-Man dan kemudian bergabung menjadi Team The Avengers merupakan keputusan yang sangat tepat! Sutradara Jon Watts sukses menceritakan (kembali) dari awal sosok Spider-Man yang memiliki perbedaan dengan versi Sam Raimi & Marc Webb. Disini, Watts menceritakan sosok Peter Parker ketika duduk dibangku sekolah. Maka tak heran, sepanjang film, banyak bercerita tentang kegiatan Peter Parker sekolah SMA. Jangan khawatir kok, porsi Iron Man / Tony Stark yang sangat gencar hadir dalam film serta posternya dalam keseluruhan film tidak terlalu mendominasi kok! Justru disini karakter Spider-Man dan Vulture diceritakan dengan apik dan mengesankan. Porsi cerita antara sosok superhero dan villain begitu seimbang. Motif villain juga diceritakan dengan sangat logis. Gue paling suka dengan kisah penceritaan sosok Vulture. Selain pembawaannya terlihat strong dan menyeramkan tapi ditampilkan juga sisi hero bagi keluarganya.
Sosok Peter Parker yang diceritakan dalam versi SPIDER-MAN: HOMECOMING (2017) ini ternyata sangat pas diperankan oleh Tom Holland. Ia sukses memerankan sosok Peter Parker remaja ABG yang masih ceroboh dan gegabah dalam menggunakan kekuatan Spider-Man. Hal terbaik berikutnya dalam sisi penceritaan SPIDER-MAN: HOMECOMING (2017) adalah kekuatan Spider-Man dihadirkan berkat kostum yang diberikan oleh Tony Stark. Kostum Spider-Man ini jauh lebih canggih dan hi-tech dibandingkan kostum Spider-Man versi Sam Raimi & Marc Webb.


Twist yang dihadirkan film ini sebetulnya sederhana banget hampir malah mirip sinetron tapi gue dibuat kaget setengah mati. Gesture perubahan ekspresi Peter Parker ketika twist dihadirkan begitu kuat terasa. Apalagi adegan dialog antara Peter Parker dengan Adrian Toomes dalam mobil adalah adegan yang paling mengesankan buat gue.
Beberapa easter-egg juga dihadirkan oleh SPIDER-MAN: HOMECOMING (2017) termasuk beberapa adegan homage khas Film Spider-Man versi Sam Raimi & Marc Webb yang dihadirkan disini terlihat bahwa sang sutradara begitu menghormati Film Spider-Man sebelumnya.
Jajaran pemain pun memberikan performa apiknya. Pokoknya Trailer dan Poster Film SPIDER-MAN: HOMECOMING (2017) ini sangat nipu! Haha. Big applause untuk Michael Keaton yang memerankan sosok Vulture. Aura jahatnya sangat terpancar meskipun tidak memakai kostum Vulture. Gue langsung merasa kasihan sama Spider-Man karena villainnya terlalu nyeremin untuk ukuran superhero yang statusnya masih magang :((


Karakter Bibi May yang diperankan Marissa Tomei sukses menjadi penyegar dalam film ini karena sebelum-sebelumnya, Bibi May selalu diceritakan sudah lanjut usia haha. Sosok Zendaya yang sering ikut digencarkan di promosi film, di filmnya malah dapet karakter yang useless kalau menurut gue haha. Tapi ketika paruh akhir film, gue yakin dia bakal dapet peran yang penting di sekuel berikutnya (jika dibuat) karena karakter yang dimainkan mempunyai nama lengkap....
Jangan keluar bioskop dulu ya karena SPIDER-MAN: HOMECOMING (2017) mempunyai 2 Post Credit Scene. dan gue cukup nyesek salah satu post credit scene itu gue terlewat karena si bioskop main matiin aja filmnya. Padahal credit title juga belum kelar. :((
Overall, SPIDER-MAN: HOMECOMING (2017) sangat memuaskan! One of the Best Superhero Movie of The Year after LOGAN (2017) & WONDER WOMAN (2017)!


[9.5/10Bintang]

0 on: "[Review] Spider-Man Homecoming: Aksi Peter Parker Sebagai Spider-Man Di Usia Remaja"

Sharing Is Caring