Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

[Review] Alien Covenant: Asal Usul Xenomorph Akhirnya Terungkap

 


#Description:
Title: Alien: Covenant (2017)
Casts: Michael Fassbender, Katherine Waterston, Billy Crudup, Danny McBride, Demien Bichir, Carmin Egojo, Jussie Smollett, Callie Hernandez, Amy Seimetz, Benjamin Rigby, Noomi Rapace, James Franco
Director: Ridley Scott
Studio: 20th Century Fox, TSG Entertainment, Scott Free Production
 
#Synopsis:
10 Tahun usai kegagalan pesawat angkasa Prometheus mencari asal-usul pencipta manusia, Wayland Corp memutuskan kembali mencari planet di ujung galaksi untuk mengembang biakkan ras manusia di planet yang baru dan masih tetap mencari asal usul mereka.
Misi kali ini menggunakan pesawat angkasa bernama Covenant. Ketika 7 Tahun 6 Bulan lagi tiba ke planet diujung galaksi yang bernama Origae-6, Pesawat Covenant mengalami guncangan akibat gelombang yang dihasilkan dari suatu ledakan bintang. Hal itu membuat beberapa team eksplorasi Origae-6 terbangun dari hyper-sleepnya. Mereka adalah Daniels (Katherine Waterston), Oram (Billy Crudup), Tennesee (Danny McBride), Demien Bichir (Lopé), Karine (Carmin Egojo), Ricks (Jussie Smollett), Upworth (Callie Hernandez), Fariz (Amy Seimetz) dan Ledward (Benjamin Rigby). Namun sayang, sang kapten team eksplore Origae-6 bernama Branson (James Franco) tidak terselamatkan akibat gangguan itu. 
Setelah memperbaiki panel pesawat Covenant, Oram yang kini menjadi pemimpin menggantikan Branson mendapat sebuah signal samar-samar dari sebuah planet yang jaraknya lebih dekat dengan pesawat Covenant.


Ia memutuskan untuk menyelidiki asal usul signal itu dan berencana mendarat di planet misterius itu. Ia yakin bahwa planet yang mengirim signal itu adalah planet yang layak untuk dihuni dan cocok untuk mengembang biakkan ras manusia. Dibantu dengan Walter (Michael Fassbender) humanoid versi terbaru dan beberapa rekan lainnya, Oram akhirnya berhasil mendarat di planet itu. Mereka kemudian mengeksplor tiap sudut daratan di planet itu.
Tak disangka, rupanya mereka menemukan bangkai pesawat Prometheus. Disaat yang bersamaan pula keadaan dua awak pesawat Covenant tewas diserang oleh sosok Neomorph di planet itu. Ditengah kondisi yang semakin mencekam, beruntung team pesawat Covenant yang tersisa diselamatkan oleh David (Michael Fassbender), Humanoid yang sukses selamat dan bertahan hidup di planet tersebut berkat bantuan Elizabeth Shaw (Noomi Rapace) sebelum Elizabeth Shaw akhirnya meninggal pada saat pesawat Prometheus tiba di planet ini.


Namun ternyata usai dibantu oleh David, bahaya terus mengintai para awak pesawat Covenant yang tersisa. Kehadiran Xenomorph juga semakin membuat awak pesawat Covenant dalam bahaya hingga akhirnya mereka mengetahui sebuah rahasia yang sebelumnya belum mereka ketahui selama ini.

#Review:
Kontroversi Makna Filosofis Film PROMETHEUS (2012) sukses menjadi bahan perbincangan dikalangan pecinta film kala itu. Banyak yang menganggap Ridley Scott berimajinasi terlalu liar menggambarkan sosok pencipta manusia dan alam semesta adalah seorang mahluk hidup. Sekuel dari Film PROMETHEUS (2012) juga menjadi salah satu film yang dinantikan oleh pecinta film Hollywood. Ending dari Film PROMETHEUS (2012) sendiri menurut pengalaman gue ketika nonton menjadi semacam benang merah untuk menggabungkan Film PROMETHEUS (2012) dan Saga Film ALIEN (1979) karya Ridley Scott. Ketika rumor bahwa Ridley Scott akan membuat film tentang Alien, banyak yang berspekulasi bahwa film tersebut adalah sekuel dari PROMETHEUS (2012).
Film ALIEN: COVENANT (2012) pun akhirnya resmi dirilis di Bioskop Indonesia mulai 10 Mei 2017. Menurut pendapat gue, Film ALIEN COVENANT (2017) ini bukanlah sekuel resmi dari Film PROMETHEUS (2012). Kenapa? Karena tidak terlalu banyak membahas hal-hal yang menggantung di film itu. Film ini menjadi semacam spin-off gabungan dari Film ALIEN (1979) dan PROMETHEUS (2012). Disini Ridley Scott tidak memberikan sentuhan filosofis yang kental seperti Film PROMETHEUS (2012). Beliau disini justru menceritakan sosok asal usul Xenomorph dan Neomorph (Spesies Alien) dari mana asalnya dan siapa penciptanya. Tak hanya itu saja, beberapa adegan yang memicu adrenalin dan jumpscared ditebar dalam jumlah yang cukup banyak disini. Beberapa adegan iconic Film ALIEN (1979) direka ulang oleh Ridley Scott difilm ini.
Untuk segi cerita juga Film ALIEN: COVENANT (2017) tidak berbeda dengan Film-Film Alien Space Movie kebanyakan. Tentang sebuah pesawat luar angkasa yang tujuannya sudah jelas mau ke Planet Origae-6 tiba-tiba berbelok ke Planet lain yang jaraknya lebih dekat. Alasannya pun cukup sepele karena mendapat signal tanda-tanda kehidupan disana. Namun penonton sepertinya sudah bisa membayangkan apa yang akan terjadi selanjutnya. Salah planet, terror datang, satu persatu mati dan menyisakkan karakter perempuan yang bertahan. Pola nya serupa dengan Saga Film ALIEN (1979) maupun PROMETHEUS (2012).
Namun disini sensasi thrillernya cukup efektif ditebar dari awal hingga akhir film. Penonton terus diberi adegan menguras detak jantung lewat adegan kejar-kejaran dan sembunyi dengan para monster Alien. Film ALIEN: COVENANT (2017) juga memberikan ide baru dalam aksi menegangkan antara para awak Covenant dan Alien yaitu di sebuah daratan, ladang gandum dan hutan belantara.
Sosok Xenomorph dan Neomorph yang ditampilkan sangat menyeramkan dengan kekuatan bergerak cepat dan susah mati. :)) Jajaran pemain pun memberikan performa apiknya. Katherine Waterston yang sebelumnya tampil di Film FANTASTIC BEASTS (2017) tampil mengesankan, terlebih dari pertengahan menuju akhir film. Sosok Daniels menjadi terlihat semakin tangguh seperti sosok Elizabeth Shaw pada Film PROMETHEUS (2017). Namun untuk beberapa pemain lainnya, karakter yang diperankan belum ada yang memberikan penampilan mengesankan malah mayoritas pada panik dan ceroboh kelakuannya. :))
Untuk segi visual dan scoring musik, Film ALIEN: COVENANT (2017) ini cukup memukau dan menambah imajinasi seperti apa keaadan luar angkasa dan planet misterius itu.


[8/10Bintang]

0 on: "[Review] Alien Covenant: Asal Usul Xenomorph Akhirnya Terungkap"

Sharing Is Caring