Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

[Review] Single: The Luxurious Raditya Dika's Movie In His Filmography

 



#Description:
Title: Single (2015)
Casts: Raditya Dika, Annisa Rawles, Pandji Pragiwaksono, Babe Cabiita, Chandra Liow. Elvira Devinamira, Tinna Harahap, Rina Hassim, Frederik Alexander, Dewi Hughes, Dede Yusuf, Pevita Pearce
Director: Raditya Dika
Studio: Soraya Intercine Films


#Trailer:

Official Trailer Single (2015)


#Synopsis:
Ebi (Raditya Dika) pemuda paruh baya yang satu ini betah menyandang statusnya sebagai seorang single alias tidak mempunyai pacar. Dimata para sahabatnya yaitu Victor (Babe Cabiita) yang sangat percaya akan hal-hal mistis dan Wawan (Pandji Pragiwaksono) yang sangat mempercayai bahwa kekasihnya disana setia, Ebi itu tidak memiliki rasa percaya diri untuk bisa berkenalan dengan wanita. Ebi mengalami beberapa kali kelamnya kisah cinta, salah satunya yaitu ketika Vina (Elvira Devinamira) teman dekat dimasa SMA-nya kembali hadir dan mengajak untuk bertemu kembali setelah lama tak berjumpa. Namun, semua harapan yang Ebi gantungkan pada Vina langsung hancur berantakan setelah mengetahui maksud dan tujuan Vina mengundang Ebi.
Untuk mengurangi rasa kesedihan sahabatnya, Wawan dan Victor kemudian mengajak Ebi ke sebuah tempat klub malam. Wawan terus menyemangati Ebi agar bisa berubah sikapnya yang susah berkenalan dengan wanita. Di klub malam itu kemudian ia berkenalan dengan Laras (Pevita Pearce), berkat insiden "cranberry juice" Ebi kemudian mendapatkan kontak Laras. Namun sialnya lagi, baru sampai tahap perkenalan, Laras malah mundur menghadapi Ebi yang terlihat makin "nyeleneh" ketika mencoba meng-akrab-kan diri.
Dorongan dari sang mama tercinta yang menyuruh Ebi untuk segera menikah dan memberikannya cucu menjadi beban baru lagi untuk Ebi. Tak hanya itu, adiknya yaitu Alva (Frederik Alexander) juga berencana akan melangsungkan pernikahan dan mau tak mau Ebi "dilangkahi" oleh sang adik.
Terus dirundung kesialan, tidak membuat Ebi putus asa. Ebi kembali menemukan sebuah harapan baru ketika kedatangan tetangga baru dikosannya yaitu Angel (Annisa Rawles), seorang mahasiswa kedokteran yang aktif menolong di Medical Center. Namun, ketika Ebi berusaha PDKT dengan Angel, muncul sosok "kakak-kakak-an" Angel yaitu Joe (Chandra Liow) yang baru saja pulang dari Groningen. Sosok Joe yang tampan, tinggi, putih dan mapan tidak membuat semangat Ebi untuk mendapatkan Angel luntur. Seiring berjalannya waktu dalam memperebutkan hati Angel, Ebi menemukan sebuah pelajaran hidup dari status SINGLE yang ia sandang selama ini.
Siapakah yang berhasil mendapatkan hati Angel? Mampukah Ebi membahagiakan sang mama?


#Review:
Summer Season-nya untuk Industri Film Indonesia tahun 2015 akhirnya dimulai! Rumah Produksi yang terkenal dengan Mega Box Office nya seperti 5CM (2012), Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (2013) dan Supernova: Ksatria, Putri & Bintang Jatuh (2014) yaitu SORAYA INTERCINE FILMS kembali menghadirkan karya "megah" nya dipenghujung tahun 2015 ini dengan menggandeng penulis beken, comic, sekaligus aktor Raditya Dika sebagai "jualan utama" nya.
Soraya Intercine Films yang identik dengan budget fantastis dan kesan megah ini berhasil membawa Film SINGLE menjadi Film Raditya Dika paling "megah" diantara film-film Raditya Dika terdahulu. Hal itu jelas terlihat dari sisi pengambilan gambar, setting lokasi, tata kamera, scoring musik, visual efek dan sinematografi yang sangat mahal. Contohnya ketika setting berlokasi di Pulau Dewata, Film SINGLE ini berhasil membuat Pulau Bali terlihat semakin indah dengan pengambilan gambar yang boleh dibilang sempurna. Adegan-adegan ekstrim dengan tambahan visual efek pun tampil lumayan smooth dan meyakinkan.
Untuk segi cerita pun, Film SINGLE ini juga memberikan sesuatu yang "baru" dibandingkan film-film Raditya Dika terdahulu yang mayoritas meng-adaptasi dari novel miliknya. Unsur sisi cerita drama percintaan yang dihadirkan difilm ini cukup kuat dari awal hingga akhir film hal ini lumayan berbeda dengan film Raditya Dika terdahulu yang cenderung lebih menonjolkan sisi humor, namun disini juga sisi komedi dan humor nya berhasil diselipkan dengan baik dibeberapa bagian cerita.
Jajaran pemain tampil tidak mengecewakan. Raditya Dika cemerlang memerankan sosok Ebi yang meskipun sifat dan karakternya masih 11-12 dengan Raditya Dika. Pemain pendukungnya pun tampil lumayan memuaskan seperti Annisa Rawles yang sekilas mirip perpaduan antara Imelda Therinne dan Manohara Odelia ini berhasil mempesona dengan karakter yang diperankannya. Two thumbs-up juga untuk Pandji Pragiwaksono, Babe Cabiita dan Chandra Liow yang berhasil memberikan sisi-sisi humor yang membuat tertawa lepas. Goodjob dudes! Pemeran mama Ebi pun tampil menghibur dengan gaya bahasanya yang sangat kekinian. Yang membuat heran hanya satu, karakter Alva yang diperankan oleh Frederik Alexander ini terlalu cakep untuk menjadi seorang adik dari Ebi. HAHA Peaceout! :))
Salah satu hal yang ditunggu dari Film keluaran Soraya Intercine Films adalah pengisi Soundtracknya! Jika pada 3 film sebelumnya, Soraya Intercine Films selalu memakai grup band Nidji, kali ini Rumah Produksi arahan Sunil Soraya ini mengajak grup band Geisha dan D'Masiv untuk mengisi soundtrack film ini. Dan harus diakui ini adalah keputusan yang cukup tepat. Vokal Momo Geisha dan lirik lagu yang diciptakan Robbie Geisha untuk film ini seperti "Sementara Sendiri" dan "Lagu Cinta" sangat menyatu dengan isi dari Film SINGLE.
Overall, secara keseluruhan, seperti yang sudah disebutkan diawal review, Film SINGLE ini merupakan Film Raditya Dika "termegah" dan awal yang sangat baik membuka Summer Season Industri Film Indonesia Tahun 2015 ini. Apakah bisa menembus diatas 1juta penonton? Let's see!

Klik disini untuk informasi Original Soundtrack Film Single (2015) by Raditya Dika!

[8/10Bintang]

0 on: "[Review] Single: The Luxurious Raditya Dika's Movie In His Filmography"

Sharing Is Caring